Cara Praktis Mengatasi Komputer atau Laptop Hang (Not Responding)

Di era teknologi yang semakin maju sekarang ini, berbagai produsen atau perusahaan peralatan teknologi semakin menonjolkan jati dirinya. Persaingan yang semakin ketat mengharuskan perusahaan peralatan teknologi untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas dari produk yang diciptakan.

Meskipun produk yang diciptakan telah mengalami peningkatan kualitas, bukan berarti ada jaminan produk tersebut akan selalu sempurna, contohnya saja laptop atau komputer yang sering kita gunakan, meskipun spesifikasi pada laptop atau komputer tergolong di atas rata-rata, belum tentu laptop atau komputer tidak akan mendapatkan masalah, ada kalanya laptop atau komputer juga akan mengalami hang atau not responding ketika menjalankan suatu aplikasi.



Terjadinya  hang (not responding) pada komputer atau laptop, tidak hanya dapat Anda jumpai di satu waktu saja, akan tetapi bisa terjadi diberbagai waktu ketika Anda menggunakan komputer atau laptop. Misalnya komputer atau laptop hang pada waktu baru dihidupkan, hang ketika booting, atau hang pada saat digunakan untuk berselancar di internet. 

Terkadang, komputer atau laptop yang hang akan memunculkan notifikasi atau pesan not responding, jika yang hang dari permasalahan software maka dapat diatasi dengan cara yang mudah, tapi jika hang karena sistem operasi yang bermasalah tentu akan membutuhkan cara penyelesaian yang lebih rumit dan kesabaran yang ekstra.

Sekalipun Anda menggunakan sistem operasi terbaru, katakanlah windows 10, itu belum menjadi jaminan komputer atau laptop Anda tidak akan hang. Jika ditinjau dari garis besar, komputer atau laptop hang biasa disebabkan karena permasalahan yang terjadi pada hardware atau software komputer atau laptop itu sendiri.

Lalu, bagaimana cara mengatasi komputer atau laptop yang hang?
Berikut merupakan cara mengatasi komputer atau laptop yang hang dalam berbagai kondisi yang kemungkinan banyak dijumpai:

=> Mengatasi Hang Ketika Booting atau Masuk BIOS

  1. Hidupkan atau restart laptop Anda, kemudian masuk ke mode BIOS dengan mengikuti perintah tombol BIOS yang tertera di layar laptop, kalau saya menggunakan F2 (Merk Asus). Untuk merek lain bisa menyesuaikan dengan tombol BIOS-nya masing-masing, karena terkadang ada yang berbeda 
  2. Setelah masuk BIOS, pilih Advanced BIOS Features lalu pilih yangada kaitannya dengan BIOS cache. lalu pilih disable. 
  3. Simpan dengan menekan F10 atau menyesuaikan, kemudian enter.

Baca: 7 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot | 100% Work !!!

=> Mengatasi Hang Ketika Dihidupkan (Starting)
Beberapa hal yang menjadi penyebab komputer atau laptop Anda hang ketika baru dihidupkan:
  1. Program pada windows bermasalah, kemungkinan karena missing file system, corrupt dan juga virus. Lakukan scan registry dengan CCleaner (atau software lainnya) dan scan virus dengan antivirus yang Anda gunakan. 
  2. kipas atau RAM kotor. Solusinya dengan membersihkannya. RAM dapat Anda bersihkan dengan penghapus karet, dan kipas dapat Anda bersikan dengan kuas atau vacuum cleaner. Namun, jika Anda tidak berani membongkar komputer atau laptop Anda, alangkah lebih baik jika Anda menyerahkan kepada ahlinya. 
  3. Kemungkinan lain, bisa berasal dari motherboard, karena ini permasalahan yang orang awam jarang mengetahui, saya sarankan agar diserahkan kepada ahlinya atau service center terdekat. Jika Anda ingin menanganinya sendiri, ajaklah orang yang lebih berpengalaman dalam bidang ini sebagai pembimbing untuk melakukan perbaikan.

Baca: 12 Cara Mudah Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

=> Mengatasi Hang Ketika Internetan
Ketika Anda sedang berselancar di internet dan tiba-tiba komputer atau laptop hang, bisa jadi itu karena infeksi virus atau malware yang ditularkan melalui internet. Pada saat Anda browsing, pastikan Anda mengunjungi situs-situs yang wajar dan legal, selain itu ketika Anda akan mendownload sesuatu pastikan jangan mendownload program yang aneh-aneh karena ada indikasi file yang akan Anda download telah disusupi dengan virus atau malware.

Untuk itu, kehati-hatian sangat perlu Anda terapkan, selain itu lakukanlah scan dengan Antivirus terbaik yang Anda gunakan. Kemungkinan hang lainnya dapat disebabkan karena penumpukan 
cache, temporary file, dan history pada browser yang Anda gunakan. Bersihkan dengan aplikasi CCleaner atau aplikasi sejenisnya yang banyak dijumpai di internet.

=> Mengatasi Hang Ketika Bermain Game
Pada saat bermain game terkadang hang atau lagh sering kali kita jumpai, berikut beberapa peyebab hang ketika bermain game:

  1. Spesifikasi laptop kurang memadai
  2. Anda belum menginstall file-file pendukung sistem operasi untuk bermain game
  3. Sistem operasi yang Anda gunakan tidak sesuai sistem operasi yang direkomendasikan game
  4. Prosessor dan VGA Card terlalu panas
  5. Hardware yang bermasalah atau rusak

Baca: Pilih Intel atau AMD ?, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Solusi dari permasalahan di atas:

  1. Sesuaikan spesifikasi komputer atau laptop dengan game yang Anda mainkan, atau mainkanlah game yang sekiranya tidak memberatkan komputer atau laptop Anda.
  2. Install terlebih dahulu file-file pendukung agar game dapat berjalan dengan lancar, contoh file-file tersebut seperti: Net Framework, DirectX yang terbaru, Microsoft Visual C++, dan lain sebagainya.
  3. Setiap game biasanya memiliki rekomendasi sistem operasi yang sesuai untuk menjalankannya. Gunakanlah sistem operasi yang direkomendasikan agar game dapat berjalan dengan lancar.
  4. Jaga suhu prosessor dan VGA card dengan memberi kipas tambahan atau eksternal padal laptop ketika bermain game
  5. Diagnosa terlebih dahulu hardware apa yang mengalami permasalahan, setelah itu jika hardware masih bisa diperbaiki, maka perbaikilah (serahkan pada orang yang berpengalaman jika Anda kurang begitu paham dengan hal semacam ini) dan gantilah hardware jika terjadi kerusakan yang parah.  

=> Mengatasi Hang Pada Software (Not Responding)
Cara praktis dan mudahnya mengatasi permasalahan ini yaitu sebagai berikut: 
  1. Tekan secara bersamaan ctrl + shift + esc, kemudian task manager akan ditampilkan, lalu pilih program yang not responding dan klik end task. 
  2. Alternatif yang lainnya, tekan ctrl + alt + del kemudian pilih salah satu opsi yang tersedia. Jika ingin menutup program yang not responding, pilih Task Manager dan lakukan sebagaimana penjelasan pertama. Namun, jika Anda ingin menyudahi semua aktivitas yang berjalan, Anda bisa pilih Power lalu Shut down.
  3. Setelah melakukan langkah di atas, maka komputer atau laptop Anda yang sebelumnya hang akan kembali normal.

Baca: Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis, dan Contoh Software | Lengkap !

=> Mengatasi Hang Ketika Macet Total
  1. Tekan ctrl + alt + del, akan muncul berbagai opsi. Dengan menggunakan arah panah pada keyboard, pilih Sign-out untuk Windows 10 dan Log-off untuk Windows 7. Atau Anda juga bisa memilih Shutdown atau Restart . Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. 
  2. Jika setelah menekan ctrl + alt + del tidak muncul apa-apa, tutuplah layar laptop Anda. Pada pengaturan layar yang belum dirubah (masih default) laptop akan melakukan mode sleep secara otomatis. Tunggu saja hingga beberapa menit. Setelah itu, buka atau nyalakan laptop Anda kembali. 
  3. Bila masih hang, satu-satunya cara adalah Anda harus menekan tombol power dan menahannya selama beberapa detik, memang cukup berisiko dan mengancam hardware laptop Anda, tapi karena keadaan yang memaksa, harus bagaimana lagi. Tapi ingat, jangan jadikan mematikan melalui tombol power menjadi sebuah kebiasaan.

Sekian pembahasan mengenai cara mengatasi komputer atau laptop yang hang atau not responding, semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda alami.
Salam Pemuda Handal !


Terkait:
cara mengatasi laptop hang | cara mengatasi laptop ngelag | cara mudah mengatasi laptop  hang | cara mengatasi laptop macet total | cara mengatasi software not responding | laptop hang ketika main game | cara mengatasi laptop hang ketika internatan | cara mengatasi laptop pada saat dihidupkan | cara mengatasi laptop hang ketika starting | cara mengatasi laptop hang ketika booting | cara mudah atasi komputer hang


Kurang puas dengan artikel ini ?, Comment saja !
Kritik dan saran Anda sangat bermanfaat bagi kami... 😊
Share:

No comments:

Post a Comment

Favorit

Ringan + Anti Ribet ! Inilah 7 Aplikasi Perekam Layar Komputer Terbaik

Akan ada saatnya ketika kita dituntut untuk bisa mengabadikan aktivitas penggunaan computer menjadi sebuah video. Contohnya saja untuk membu...

Terbaru

Kategori