Cara Membuat Program Pilihan Menggunakan Python + Script Lengkap

Hai Sobat semua, apa kabar ?, semoga selalu sehat dan bahagia. Okaye pada artikel kali ini saya mau berbagi tutorial tentang cara membuat aplikasi program pilihan sederhana menggunakan python, pastinya dilengkap dengan script. Untuk python yang saya gunakan kali ini masih sama seperti artikel sebelumnya (Klik DISINI) yaitu python versi 2. 7. 13.

Program pilihan ini merupakan program dijalankan dengan cara user atau pengguna program meng-input pilihan menu (kalau program yang akan kita buat nanti peng-inputannya menggunakan angka) sesuai dengan pilihan program, selanjutnya user atau pengguna program akan diminta untuk memasukkan perintah (kalau dalam program pilihan nanti perintahnya juga berupa angka karena ini merupakan program dengan proses perhitungan).

Untuk menjalankan program user atau pengguna program dapat menekan tombol enter pada keyboard. Setelah itu hasil input akan di proses dan program akan menampilkan hasil. Pada program yang akan kita buat nanti saya akan memasukkan menu-menu pilihan, daftar dari pilihan menu tersebut berupa Konversi Suhu, Menghitung Jarak, Menghitung Energi, Menghitung Gaya Coulomb, dan menu Keluar.






Okelah Sob langsung saja yo, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka terlebih dahulu program Python, caranya dengan memasukkan kata kunci “IDLE (Python GUI)” pada pencarian windows, setelah muncul IDLE (Python GUI) pada pencarian windows lalu tekan Enter. Maka tampilan awal IDLE (Python GUI) akan muncul, penampakannya seperti pada gambar yang di bawah ini.

Tampilan Awal IDLE (Python GUI) 

2. Setelah itu, buat file baru yang nantinya akan kita gunakan sebagai tempat untuk menuliskan script-script sebagai bahasa penerjemah dari program yang nantinya akan kita buat. Caranya dengan meng-klik menu "File" yang berada di bagian pojok kiri atas program IDLE (Python GUI), setelah itu pilih dan klik "New File". Selain langkah tersebut, ada langkah yang lebih mudah untuk membuat file baru yaitu dengan menekan tombol "Ctrl + N" pada keyboard secara bersamaan. Untuk lebih cethonya perhatikan gembar berikut.



Setelah sub menu "New File" di-klik, maka tampilan file barunya akan seperti gambar berikut ini, mirip-mirip kayak notepad gitu lah




3. Langkah berikutnya yaitu memasukkan kode atau script yang nantinya akan menjadi otak dari program aplikasi yang kita buat. Untuk scriptnya sendiri hemm, kasih tau gak ya... Okelah kasih tau aja kali ya. Script awal dari program aplikasi ini adalah script dari menu utama program pilihan yaitu sebagai berikut:



print('========================================================================================================================')
print('                                                    Assalamualaikum Wr. Wb.')
print('                                                           Hey Sob !!!')
print('                                            Ini adalah aplikasi dengan konsep PILIHAN ')             
print(' ')              
print(' Created By :')
print(' TEKNISI MUDA HANDAL')
print(' ')
print('========================================================================================================================')

def memilih():
    a = input('Pilihan (Masukkan angka) \n1-Konversi Suhu \n2-Menghitung Jarak'
              '\n3-Menghitung Energi \n4-Menghitung Gaya Coulomb \n5-Keluar'
              '\n Pilihan : ')
    return a

Bingung dengan script yang terpotong-potong, pengen script utuh? klik saja DISINI

Perintah print merupakan perintah dasar dari Python yang berguna untuk menampilkan seluruh data, dengan memanggil data. Pada program ini print digunakan untuk memanggil script. Selanjutnya ada def yang merupakan sebuah fungsi dengan parameter, Parameter ini akan berubah sesuai dengan data yang diisikan.

Setelah itu ada input yang berfungsi untuk menampilkan suatu nilai atau objek yang dimasukkan kedalam program, selanjutnya akan diolah didalam program. Lalu ada return yang digunakan untuk memanggil ulang kembali program setelah selesai dijalankan. Setelah menu utama program selesai, kita beralih ke script pilihan menu utama yaitu pilihan menu Konversi Suhu,



pilihan = 1
while pilihan <= 5 :
    pilihan = int(memilih())
    if pilihan == 1:
        print('Konversi suhu dari celcius ke fahrenheit, reamur, dan kelvin')
        clc = float(input('Masukkan suhu celcius : '))
        print('')       
        
        fhr = (9./5)*clc+32
        rmu = (4./5)*clc
        klv = clc+273
        print('Hasil Perhitungan Konversi Suhu')
        print('Suhu celcius : %g' %(clc))
        print('Suhu fahrenheit : %g' %(fhr))
        print('Suhu reamur : %g' %(rmu))
        print('Suhu kelvin : %g' %(klv))
        print('-----------------------------------------------------------------------')
        print('\n')
        continue

Pada script Konversi Suhu ini terdapat pernyataan while yang melakuakan pengecekan diawal terus-menerus sampai syarat yang diminta memiliki nilai false. Lalu ada pernyataan if yang akan mengerjakan perintah dari input jika perintah tersebut bernilai true.

Setelah itu ada float input yang berfungsi untuk menampilkan suatu nilai angka yang dimasukkan kedalam program selanjutnya akan diolah didalam program. Selanjutnya ada print yang merupakan perintah dasar dari Python yang berguna untuk menampilkan seluruh data, dengan memanggil data.

Pada program ini print digunakan untuk memanggil script. Setelah print ada continue yang berfungsi untuk memanggil program itu sendiri cecara berulang-ulang.Next kita beralih ke script pilihan menu Menghitung Jarak,



    elif pilihan == 2:
        print('Menghitung jarak sebuah kendaraan yang bergerak')
        v0 = float(input('Berapa kecepatan awal kendaraan? (m/s) : '))
        a = float(input('Berapa percepatan kendaraan? (m/s2) : '))
        t = float(input('Berapa lama waktu bergerak? (s) : '))
        jarak = (v0*t)+(0.5*a)*t*t
        print('')
        print('Jarak tempuh : %g meter'%(jarak))
        print('-----------------------------------------------------------------------')
        print('\n')
        continue

Baca: Cara Membuat Program Terbilang Menggunakan Python + Script Lengkap

Pada script Menghitung Jarak ini terdapat pernyataan elif yang merupakan pilihan program yang akan dijalankan dengan saling berkaitan dengan pernyataan if, tergantung dengan data input yang diberikan oleh user atau pengguna program. Kemudian ada print yang digunakan untuk memanggil script.

Setelah itu ada float input yang berfungsi untuk menampilkan suatu nilai angka yang dimasukkan kedalam program selanjutnya akan diolah didalam program. Lalu ada continue yang berfungsi untuk memanggil program itu sendiri cecara berulang-ulang. Okeeh selanjutnya yaitu script pilihan menu Menghitung Energi,



    elif pilihan == 3:
        print('Menghitung energi kinetik, energi potensial dan energi mekanik')
        g = 9.8 #(m/s2)
        m = float(input('Masukkan massa benda (kg) : '))
        v = float(input('Masukkan kecepatan benda(m/s) (untuk energi kinetik) : '))
        h = float(input('Masukkan ketinggian benda(m) (untuk energi potensial) : '))
        ek = 0.5*m*(v**2)
        ep = m*g*h
        em = ek+ep
        print('')
        print('Hasil Penghitungan Energi')
        print('Energi kinetik : %g joule'%(ek))
        print('Energi potensial : %g joule' %(ep))
        print('Energi mekanik : %g joule' %(em))
        print('-----------------------------------------------------------------------')
        print('\n')
        continue

Pada script Menghitung Energi ini terdapat pernyataan elif yang merupakan pilihan program yang akan dijalankan dengan saling berkaitan dengan pernyataan if, tergantung dengan data input yang diberikan oleh user atau pengguna program. Kemudian ada print yang digunakan untuk memanggil script.

Setelah itu ada float input yang berfungsi untuk menampilkan suatu nilai angka yang dimasukkan kedalam program selanjutnya akan diolah didalam program. Lalu ada continue yang berfungsi untuk memanggil program itu sendiri cecara berulang-ulang. Setelah itu kita masukkan script pilihan menu Menghitung Gaya Coulomb seperti nang bawah ini,



    elif pilihan == 4:
        print('Menghitung gaya coulomb')
        k = 9*10**9
        q1 = float(input('Masukkan muatan benda 1 (Q1) (C): '))
        q2 = float(input('Masukkan muatan benda 2 (Q2) (C): '))
        r = float(input('Masukkan jarak antar muatan (m): '))
        coulomb = (k*q1*q2)/r**2
        print('')
        print('Gaya coulomb : %.2f Newton' %(coulomb))
        print('-----------------------------------------------------------------------')
        print('\n')
        continue    

Pada script Menghitung Coulomb ini terdapat pernyataan elif yang merupakan pilihan program yang akan dijalankan dengan saling berkaitan dengan pernyataan if, tergantung dengan data input yang diberikan oleh user atau pengguna program. Kemudian ada print yang digunakan untuk memanggil script. Setelah itu ada float input yang berfungsi untuk menampilkan suatu nilai angka yang dimasukkan kedalam program selanjutnya akan diolah didalam program. Lalu ada continue yang berfungsi untuk memanggil program itu sendiri cecara berulang-ulang. Oke Sob kita hampir selesai, hehe, berikut script yang terakhir, yaitu script pilihan menu Keluar,



    elif pilihan == 5:
        print('-----------------------------------------------------------------------')
        print('                      SEKIAN DAN TERIMA KASIH :)')
        print('------------------>                               <--------------------')
        print('                       Wassalamu alaikum Wr. Wb.')
        print('-----------------------------------------------------------------------')
        break

Pada script Keluar terdapat pernyataan elif yang merupakan pilihan program yang akan dijalankan dengan saling berkaitan dengan pernyataan if, tergantung dengan data input yang diberikan oleh user atau pengguna program. Kemudian ada print yang digunakan untuk memanggil script. Setelah itu ada break yang akan mengakhiri program dan Selesai dehh program pilihan kita.


Perhatian !!!
Perhatikan juga posisi penempatan script keseluruhan program, agar ketika dijalankan tidak terjadi error. Untuk lebih jelasnya Sobat bisa perhatikan gambar script di bawah ini.


Untuk cara menjalankan aplikasi program pilihan ini, caranya sama seperti artikel yang pernah saya bagikan sebelumnya, klik saja DISINI langkah yang Nomor 4 Ya Sob.

Okeh Sob, demikianlah artikel mengenai cara membuat aplikasi program pilihan sederhana menggunakan python. Semoga bermanfaat untuk Sobat sekalian. Salam Pemuda Handal !

Kurang puas dengan artikel ini ?, Comment aja !
Kritik dan saran Sobat sangat bermanfaat bagi kami... 😊

Share:

No comments:

Post a Comment

Favorit

Ringan + Anti Ribet ! Inilah 7 Aplikasi Perekam Layar Komputer Terbaik

Akan ada saatnya ketika kita dituntut untuk bisa mengabadikan aktivitas penggunaan computer menjadi sebuah video. Contohnya saja untuk membu...

Terbaru

Kategori