Cara Membuat Program Terbilang Menggunakan Python + Script Lengkap

Membuat aplikasi dengan kode atau script ?, keren juga tuhh, bolehlah sekali-kali dicoba biar kayak programmer beneran gitu, hehe. Ahay Sob, pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial atau pun langkah-langkah yang bisa dikatakan sederhana mengenai cara membuat aplikasi program terbilang (penerjemah bilangan) menggunakan bahasa pemrograman Python, lengkap dengan scriptnya loh.

Jika nanti kalo Sobat pengen nyoba sendiri tinggal Copy-Paste deh, atau nggak Sobat bisa mengembang program aplikasi ini menjadi aplikasi yang lebih mantab lagi. Untuk Pythonnya sendiri saya menggunakan yang versi 2. 7. 13, sebetulnya berapapun versi Pythonnya gak akan jadi masalah sih, soalnya program aplikasi yang akan kita buat masih sangat sederhana.





Okay langsung saja ya Sob, berikut langkah-langkah untuk membuat aplikasi terbilang sederhana menggunakan Python

1. Buka terlebih dahulu Python nye yee Sob, caranya dengan memasukkan kata kunci “IDLE (Python GUI)” pada pencarian windows, setelah muncul IDLE (Python GUI) pada pencarian windows lalu tekan Enter. Maka tampilan awal IDLE (Python GUI) akan muncul, penampakannya seperti pada gambar yang bersinar terang dan tenang di bawah ini.


2. Setelah itu, buat file baru yang nantinya akan kita gunakan sebagai tempat untuk menuliskan script-script sebagai bahasa penerjemah dari program yang nantinya akan kita buat. Caranya dengan meng-klik menu "File" yang berada di bagian pojok kiri atas program IDLE (Python GUI), setelah itu pilih dan klik "New File".

Selain langkah tersebut, ada langkah yang lebih mudah untuk membuat file baru yaitu dengan menekan tombol "Ctrl + N" pada keyboard secara bersamaan. Untuk lebih gamblangnya perhatikan guambar berikut.


Setelah sub menu "New File" di-klik, maka tampilan file barunya akan seperti gambar berikut ini, mirip-mirip kayak notepad gitu lah Sob


3. Langkah berikutnya yaitu memasukkan kode atau script yang nantinya akan menjadi otak dari program aplikasi yang kita buat. Untuk scriptnya sendiri hemm, kasih tau gak ya... Okelah kasih tau aja kali ya. Script awal dari program aplikasi yang akan kita buat yaitu sebagai berikut:

print('============================================================================================')
print('                                         Assalamualaikum Wr. Wb.')
print('                                               Hey Sob !!!')
print('                               Ini adalah aplikasi TERBILANG untuk Rupiah')            print('')              
print(' Created By :')
print(' TEKNISI MUDA HANDAL')
print('')
print('============================================================================================')

Bingung dengan script yang terpotong-potong, pengen script utuh? klik saja DISINI

Perintah print merupakan perintah dasar dari Python yang berguna untuk menampilkan seluruh data di dalam perintah print yang berada didalam simbol petik dan kurung, dengan cara memanggil data.

Pada program terbilang ini print digunakan untuk memanggil script “Assalamu alikum Wr. Wb. “ dan juga script yang lain yang berada di dalam simbol petik dan kurung.

Script selanjutnya yaitu:

def terbilang(bil):
    angka = ["","Satu ","Dua ","Tiga ","Empat ","Lima ","Enam ",
             "Tujuh ","Delapan ","Sembilan ","Sepuluh ","Sebelas "]

Def terbilang merupakan sebuah fungsi dengan parameter, karena didalam Def terbilang ini terdapat beberapa parameter, diantanranya yaitu ; ["","Satu ","Dua ","Tiga ","Empat ","Lima ","Enam ","Tujuh ","Delapan ","Sembilan ","Sepuluh ","Sebelas "]. Parameter ini akan berubah sesuai dengan data yang diisikan oleh pengguna program.

    hasil = ""
    n = int(bil)
    if n >= 0 and n <= 11:
        hasil = angka[n]
    elif n < 20:
        hasil = terbilang(n-10) + " Belas "
    elif n < 100:
        hasil = terbilang(n/10) + " Puluh " + terbilang(n%10)
    elif n < 200:
        hasil = " Seratus " + terbilang(n-100)
    elif n < 1000:
        hasil = terbilang(n/100) + " Ratus " + terbilang(n%100)
    elif n < 2000:
        hasil = " Seribu " + terbilang(n-1000)
    elif n < 1000000:
        hasil = terbilang(n/1000) + " Ribu " + terbilang(n%1000) 
    elif n < 1000000000:
        hasil = terbilang(n/1000000) + " Juta " + terbilang(n%1000000)
    elif n < 1000000000000:
        hasil = terbilang(n/1000000000) + " Milyar " + terbilang(n%1000000000)
    elif n == 1000000000000:        
        hasil = 'Satu Triliun'
    elif n > 1000000000000:
        hasil = 'Maaf, program tidak membaca angka lebih dari Satu Triliun'
    return hasil

Baca: Cara Membuat Program Pilihan Menggunakan Python + Script Lengkap

Pernyataan if elif ini merupakan pilihan program yang akan dijalankan dengan saling berkaitan, tergantung dengan data input yang diberikan oleh user atau pengguna program.

Setelah script diatas telah dimasukkan, masukkan juga script berikut,


a = 1
while a != 0:
    a = input(' Masukkan angka dari 1 sd 1.000.000.000.000: ')
    huruf = terbilang(a)
    print(' Terbilang ---- '+ huruf +' Rupiah ----')
    print(' ----------------------------------------------------------------------------------')
    continue 

Pernyataan while ini akan melakuakan pengecekan diawal terus-menerus sampai syarat yang diminta memiliki nilai false. Untuk program ini while menyatakan bahwa a (input 1 sd 1000.000.000.000) tidak sama dengan 0.
Pada perintah paling akhir terdapat continue yang berfungsi untuk melanjutkan atau melakukan pengulangan progam mulai dari awal ketika hasil angka terbilang akhir sudah didapatkan.

4. Setelah semua script dimasukkan dan ditempatkan dengan benar, maka langkah selanjutnya yaitu menjalankan program, caranya dengan mengklik "Run" pada menu window tempat kita menempatkan atau menuliskan script program, setelah itu pilih dan klik "Run Module" atau untuk lebih cepatnya, dari tampilan notepad program, Sobat bisa langsung menekan "F5" pada keyboard.


Jika Sobat belum menyimpan file programnya, maka akan ada pemberitahuan untuk menyimpan "Source Must Be Saved Ok to Save?" klik saja "OK" dan setelah tersimpan maka program yang telah Sobat buat akan dimunculkan seperti gambar dibawah ini,


Hasil Running Program Terbilang 
Untuk mengetahui apakah program terbilang sudah benar-benar sesuai dan script yang kita masukkan tadi benar, coba jalankan program caranya dengan memasukkan angka 1 sampai dengan 1.000.000.000.000 (1 Triliun), lalu tekan ENTER. 

Jika hasil terbilangnya sudah sesuai dengan angka yang kita masukkan, berarti program terbilang yang kita buat sudah benar dan telah selesai, yeEeee. 

Hasil Akhir Running Program Terbilang
Demikian artikel mengenai cara membuat aplikasi program terbilang menggunakan python. Semoga bermanfaat untuk Sobat sekalian dan jangan lupa, coba tuh dibikin programnya, hehe. Salam Pemuda Handal !

Kurang puas dengan artikel ini ?, Comment saja !
Kritik dan saran Sobat sangat bermanfaat bagi kami... 😊
Share:

No comments:

Post a Comment

Favorit

Ringan + Anti Ribet ! Inilah 7 Aplikasi Perekam Layar Komputer Terbaik

Akan ada saatnya ketika kita dituntut untuk bisa mengabadikan aktivitas penggunaan computer menjadi sebuah video. Contohnya saja untuk membu...

Terbaru

Kategori