Ringan + Anti Ribet ! Inilah 7 Aplikasi Perekam Layar Komputer Terbaik

Akan ada saatnya ketika kita dituntut untuk bisa mengabadikan aktivitas penggunaan computer menjadi sebuah video. Contohnya saja untuk membuat video tutorial, video presentasi, merekam game, dan untuk keperluan lainnya. Oleh karena itu, pastinya Anda akan memerlukan sebuah software atau aplikasi yang bisa merekam layar dengan penggunaannya yang mudah dan dengan hasil rekaman video yang berkualitas. 


Aplikasi perekam layar atau screen recorder sendiri merupakan aplikasi yang dibuat dengan tujuan untuk mengabadikan sebuah video dalam suatu kegiatan yang sedang dilakukan pada layar komputer. Tentunya tidak sembarang aplikasi perekam layar bisa Anda gunakan, pastikan Anda menggunakan aplikasi yang menghasilkan pilihan format video yang baik, kualitas video tinggi, dan hasil suara yang jernih. Untuk mendapatkan hasil rekaman layar yang optimal, pastikan Anda menggunakan aplikasi perekam layar yang akan Admin bagikan. Berikut daftar aplikasi perekam layar komputer terbaik yang bisa Anda gunakan. 

1. Action! 


Salah satu aplikasi perekaman layar komputer terbaik yaitu Action!, dikatakan terbaik karena Action! ini memiliki keunggulan yakni mampu melakukan streaming secara real-time dan merekam video dengan sangat baik yang akhirnya menghasilkan video dengan resolusi HD. Fitur perekam video yang dimiliki Action! sendiri juga bisa dikatakan cukup lengkap.

Sebelum melakukan perekam layar, Anda bisa mengatur terlebih dahulu resolusi video yang akan dihasilkan, bahkan hingga 1080p. Fitur lain dari Action! yaitu pengguna dapat memilih menu untuk merekam sebagian layar atau secara penuh yang resolusi videonya sudah diatur secara otomatis oleh aplikasi ini. Format yang dihasilkan dari aplikasi Action! ini yaitu MP4 dan AVI.

2. Open Broadcaster Software 


Open Broadcaster Software atau yang biasa disingkat OBS merupakan salah satu aplikasi perekam layar komputer terbaik berikutnya. OBS ini adalah software yang Open Source dan multi-platform, Anda dapat meng-instalnya di Windows, OSX, ataupun GNU/Linux. Dengan aplikasi ini, Anda dapat merekam video kegiatan di layar komputer atau pun broadcast video secara langsung ke berbagai situs online (live streaming).

Tampilan yang disajikan aplikasi ini sangat sederhana, tapi jangan salah karena OBS ini didukung dengan banyak fitur. Seperti fitur untuk merekam desktop, perekam suara dari internal microphone atau external microphone, perekam webcam bawaan, ataupun perekam webcam external. Anda bisa memodifikasi secara langsung dengan cara mengatur area seleksi rekaman dan juga dapat menambahkan text atau gambar pada live streaming yang sedang berjalan. Anda dapat menyimpan video hasil rekaman layar dalam format MP4 atau FLV.

3. XSplit Gamecaster


Selanjutnya adalah Xsplit, xsplit sendiri merupakan aplikasi yang digunakan bagi para streamer dengan memadukan banyak konten. Aplikasi ini dibagi menjadi 2 bagian, yakni Broadcaster dan Gamcaster. Broadcaster digunakan untuk melakukan live streaming dengan cakupan konten yang lebih luas, sedangkan Gamecaster digunakan untuk melakukan live streaming yang dikhususkan bagi para gamer. Xspilt ini dapat Anda dapatkan dengan men-download gratis, tetapi tidak semua konten bisa Anda gunakan, karena ada sebagian konten yang berbayar.

Keunggulan dari perekam layar yang satu ini yaitu menawarkan fitur streaming yang kuat. XSplit mampu menayangkan streaming dengan lancar dan sangat stabil ketika Anda sedang bermain game. Untuk mulai merekam Anda cukup menekan satu tombol saja, yang menjadikan menarik, XSplit akan mengkonfigurasi pengaturan sesuai dengan resolusi komputer atau laptop yang Anda gunakan. Baca: 10 Cara Efektif Agar Baterai Laptop Tahan Lama, Cukup dengan 1 Tombol

4. WM Capture


Dengan menggunakan WM Capture, Anda akan mendapat kemudahan dalam merekam video pada bagian layar tertentu dan Anda juga akan mendapatkan fitur schedule recording. Dengan begitu, Anda dapat menentukan kapan layar komputer memulai rekaman. Jadi Anda bisa mengatur agar aplikasi screen recorder bekerja otomatis sehingga dapat merekam kegiatan live streaming ketika Anda tidak menontonnya. File hasil rekaman dapat disimpan dalam format AVI, MPEG, WMV, DVD-ISO, dan sebagainya.

5. Dxtory


Dxtory merupakan aplikasi perekam layar komputer yang ringan dengan antarmuka dan pengaturan yang sangat sederhana. Aplikasi ini sangat cocok untuk merekam game, terutama jika spesifikasi komputer yang Anda gunakan rendah. Dengan aplikasi Dxtory ini dijamin performa komputer Anda tidak akan terganggu.

Dxtory juga mampu mengangkat hasil rekaman video pada kualitas tertinggi sesuai dengan kemampuan laptop yang Anda gunakan. Audio hasil rekamannya juga cukup jernih dan mampu merekam lebih dari satu suara secara bersamaan, contohnya rekaman suara Anda dan suara dari game yang kemudian bisa diedit secara terpisah.

6. ShadowPlay


ShadowPlay merupakan hardware accelerated screen recording bagi PC berbasis Windows yang menggunakan GPU GeForce yang diciptakan oleh Nvidia. Salah satu fitur yang menjadikan ShadowPlay ini menarik adalah kemampuannya merekam mundur hingga 20 menit ke belakang. Dengan menekan pilihan shortcut, berarti menandakan akhir video dan graphics card akan merekam mundur hingga berdurasi 20 menit, dengan fitur ini momen berharga yang terlewat dapat kembali diabadikan dalam bentuk video.

Untuk kualitas hasil rekaman video sendiri, ShadowPlay memberikan resolusi hasil rekaman video hingga 1080p. Video tersebut akan langsung dikompres menggunakan codec H.264 yang telah terintegrasi ke GeForce seri 600 atau 700 ke format MP4 sehingga ukuran file hasil rekaman video tidak terlalu besar. Selain itu, dengan menggunakan ShadowPlay ini ketika penggunaan merekam aksinya saat bermain game, performa komputer atau laptop tidak akan menurun, dikandung maksud tidak akan terjadi penurunan frame rate yang signifikan, sehingga tidak akan mengganggu pemain dalam memainkan game (komputer atau laptop tidak akan lemot). Baca: 7 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot | 100% Work !!!

7. Windows 10 Game Bar


Bagi Anda pengguna sistem operasi Windows 10, sepertinya Anda tidak perlu lagi mencari aplikasi perekam layar PC, karena pada Windows 10 telah tersedia sebuah fitur bernama Windows 10 Game Bar atau Game DVR yang dapat Anda gunakan untuk merekam layar dengan mudah dan ringan tanpa perlu aplikasi tambahan, mengingat fitur ini bawaan dari sistem operasi, sehingga pasti 100% akan support terhadap PC. Baca: Sistem Operasi ?, Berikut Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Macam-macamnya

Jika Anda pengguna Windows 10 dan ingin merekam layar PC dengan cepat, maka fitur Game DVR inilah solusinya. Namun fitur Game Bar atau Game DVR ini hanya bisa merekam satu jendela saja sehingga ketika jendela lain kita buka, jendela tersebut tidak akan ikut terekam. Kelebihan lain dari fitur Game Bar atau Game DVR yaitu video hasil rekaman tidak berukuran terlalu besar. Kini fitur Game Bar atau Game DVR juga menjadi salah satu aplikasi pilihan perekam layar para Youtuber, terutama ketika bermain game. Untuk menampilkan aplikasi bawaan windows 10 ini, caranya cukup tekan Windows + G ketika berada di layar jendela yang ingin Anda rekam.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai daftar aplikasi perekam layar terbaik untuk PC, semoga memberi pencerahan bagi Anda yang sedang kebingungan memilih aplikasi perekam layar dan semoga bermanfaat.

Kurang puas dengan artikel ini ?, Comment saja !
Kritik dan saran Anda sangat bermanfaat bagi kami... 😊
Share:

No comments:

Post a Comment

Favorit

Ringan + Anti Ribet ! Inilah 7 Aplikasi Perekam Layar Komputer Terbaik

Akan ada saatnya ketika kita dituntut untuk bisa mengabadikan aktivitas penggunaan computer menjadi sebuah video. Contohnya saja untuk membu...

Terbaru

Kategori