Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis, dan Contoh Hardware | Lengkap !!!

Hardware ? ya, Istilah yang pasti tidak asing lagi bukan ? pasti Anda sudah sering mendengar istilah hardware yang memang adalah komponen penyusun dari sebuah komputer. Bisa jadi Anda belum mengetahui apa yang dimaksud hardware. Di dalam pemahaman sederhananya hardware dapat dikatakan sebagai perangkat keras yang ada pada sebuah komputer.

Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit berbagi wawasan ilmu teknologi mengenai pengertian dari hardware, fungsi hardware, jenis-jenis hardware, dan beberapa contoh hardware. Agar Anda bisa lebih cepat menerima informasi langsung saja tanpa basa basi, silahkan Anda simak artikel di bawah ini.


Pengertian Hardware
Hardware atau juga disebut Perangkat keras komputer ini adalah bagian fisik berupa komponen keseluruhan dari komputer. Komponen-komponen tersebut merupakan penyusun dari komputer yang memiliki bentuk secara fisik, keberadaannya dapat dilihat dan juga dapat disentuh, jika semua komponen telah terangkai dengan sesuai, maka jadilah komputer yang dapat dioperasikan.

Fungsi Hardware
Hardware atau Perangkat keras computer berfungsi sebagai media atau mesin yang dapat meng-input berbagai jenis data, mengolah data, dan menghasilkan output akhir yang sesuai dengan perintah pengolahan data.

Jenis- Jenis Hardware
Untuk mempermudah didalam mengenal dan mempelajari berbagai hardware atau perangkat keras pada computer, maka di buatlah penggolongan hardware pada komputer, yaitu sebagai berikut:

1. Input Device (Perangkat Masukan)

Input Device merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data-data yang berupa audio, video, teks, dan gambar kedalam komputer. Tanpa diawali dengan input device, perangkat komputer tidak akan pernah bisa dioperasikan. Contoh perangkat dari input device ini seperti:

=> scanner
=> mouse
=> sensor
=> barcode
=> digitizer
=> keyboard
=> microphone
=> webcam
=> touch screen
=> light pen
=> touchpad
=> voice recognizer
=> joy stick

2. Process Device (Perangkat Pemrosesan)

Perangkat pemrosesan merupakan sekumpulan perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah data-data pada computer yang didapat dari input device. Kumpulan perangkat ini bisa dikatakan sebagai mesin utama sekaligus otak dari sebuah computer.

Semakin baik dan semakin tinggi kualitas atau kemampuan dari perangkat keras process device ini, maka data-data yang diolah akan semakin cepat pula untuk diproses. Contoh perangkat pemrosesan antara lain:

=> Processor (Central Processing Unit)
=> RAM (Random Access Memory)
=> VGA Card (Video Graphic Array) (Kartu Grafis),
=> Power Supply Unit (PSU)
=> Motherboard (Papan Induk),
=> Casing Unit

3. Output Device (Perangkat Keluaran)

Output Device merupakan perangkat keras pada komputer yang berfungsi untuk menampung dan menghasilkan data-data keluaran baik berupa hardcopy (telah dicetak) atau softcopy (tampilan pada monitor) dan juga keluaran yang berupa audio/suara. Dengan adanya output device ini pengguna atau operator komputer dapat mengetahui berbagai hasil proses yang telah dilakukan oleh komputer. Contoh dari output device yaitu:

=> printer ( printer laser, dot matrix, inkjet printer,)
=> speaker
=> headset
=> video display (monitor)
=> proyektor


4. Storage Device (Perangkat Penyimpanan)

Storage device atau juga biasa disebut secondary storage merupakan komponen yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi pada komputer. Storage device ini berbeda dengan media storage. Dengan adanya perangkat ini pemilik komputer tidak perlu kuatir untuk mengamankan data-data penting didalam komputer karena ada perangkat penyimpanan cadangan ini, contoh dari perangkat penyimpanan ini misalnya seperti:

=> flash disk
=> floppy disc
=> hard disk
=> disk optik (optical disk)

5. Periferal Device (Perangkat Tambahan)

Periferal device merupakan perangkat tambahan eksternal yang dibutuhkan pada computer, fungsinya untuk membantu komputer dalam menjalankan instruksi atau perintah pengguna. Contoh perangkat tambahan yaitu:
=> Modem ADSL
=> Modem flash
=> webcam
=> VGA card
=> LAN card
=> sound card

Itulah sedikit artikel mengenai pengertian, fungsi, jenis-jenis dan contoh hardware pada komputer. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan Anda di bidang komputer. Salam Pemuda Handal !

Kurang puas dengan artikel ini ?, Comment saja !
Kritik dan saran Anda sangat bermanfaat bagi kami... 😊
Share:

No comments:

Post a Comment

Favorit

Ringan + Anti Ribet ! Inilah 7 Aplikasi Perekam Layar Komputer Terbaik

Akan ada saatnya ketika kita dituntut untuk bisa mengabadikan aktivitas penggunaan computer menjadi sebuah video. Contohnya saja untuk membu...

Terbaru

Kategori